Materi Caption (Photo) Kelas XII

All photos on this post are originally taken by @dama_photograph













Assalamualaikum everybody.
Are you OK today?
So, materi kali ini khususnya buat kelas XII cukup berarti buat kalian yang suka browsing ataupun socmed users nih. Yap, materi ini sangat happening atau bisa menjadi trending buat kalian yang suka update status ataupun photo. The material is called as Caption untuk kelas XII.

Actually, tidak ada standar khusus untuk membuat sebuah caption dalam sebuah foto, akan tetapi dalam bahasa inggris kita harus mengetahui grammar (tata bahasa) yang sesuai aturan. Ok, biasanya didalam caption untuk mendeskripsikan sebuah foto, uploader kebanyakan menggunakan tenses simple present tense (baca disini).

What is a caption text?

Caption text is brief description, heading, or title that identifier or introduces a document, graphic, photograph, or table. (Caption Teks teks adalah deskripsi singkat, judul, atau judul yang mengidentifikasi atau memperkenalkan dokumen, grafik, foto, atau tabel.)

Generic structure of caption (Urutan caption teks)

  1. The title
  2. The lead
  3. Section Heading

Language Features (Tata Bahasa)

  1. Exclamation
  2. Question
  3. Adjective Phrase
  4. Personal Phrase
  5. Simple Present Tense

What is the caption function? (Fungsi)

Helping readers or viewers to understand more information that might not be in photos or videos. (Membantu pembaca atau pemirsa untuk memahami lebih banyak informasi yang mungkin tidak ada dalam foto atau video.)

Rule of Writing a caption? (Aturan Penulisan)

  1. Supply specific information (Answering 5W1H Question) {dengan dibuatnya caption pada foto, maka harus bisa menjawab apa yang ingin diketahui oleh pembaca. Seperti siapa, dimana, kapan dll. biasanya caption seperti ini sering digunakan oleh para jurnalis)
  2. Use present tense on the first sentence (Gunakan present tense jika ingin membuat caption berupa wejangan atau kata-kata motivasi)
  3. Caption are written in a complete sentences (Biasanya caption dibuat dengan menggunakan kalimat utuh tanpa adanya kesan setengah-setengah)
  4. Clearly identify the people and location in the photo (Mencantumkan siapa, dan dimana pada foto ketika caption yang kalian buat memberitakan suatu kejadian atau peristiwa)
  5. Identify the person from left to right (Menuliskan semua orang yang ada di dalam sebuah foto dari kiri ke kanan. Biasanya foto seperti ini digunakan untuk kebutuhan tim olahraga ataupun musisi)

How to a write caption text?

  1. Observe the picture or video you will give the caption (amati foto atau video yang akan diberikan caption)
  1. Find out the message that will be sent from the picture before you write caption (Cari /beri pesan yang terkandung dalam foto sebelum menulis caption)
  2. Write sentence or phrase under the picture (tulislah kalimat atau frasa dibawah atau dimanapun yang sesuai pada gambar)
Examples of Caption (Photo by @dama_photograph)






Ok, itulah tadi penjelasan dan contoh tentang materi caption berbahasa inggris. Hopefully it will be useful for you. Now, It's your turn to make your own caption. silahkan upload ke instagram dan tag ke akun @dama_photograph guys.

See next time.
Thank you


Admin



Mr.T

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Materi Caption (Photo) Kelas XII"