Application Letter (Material)





















Assalamualaikum.
                Hi Everyone, welcome back to this blog. Nah pada materi kali ini, blog englishzamannow punya materi yang kece nih. Khusus buat kalian kelas XII, para jobseekers, dan yang paling penting buat yang udah ngebet banget pengen bekerja. Kami punya materi tentang application letter alias surat lamaran kerja. So, sewaktu waktu kalian pasti butuh banget nih materi ini. Disini akan dibahas mengenai tata cara penulisan, susunan, dan akan ada contoh tentunnya.

                Well, ga usah lama-lama nih. Langsung aja ke materi berikut ini. Let’s check this one out.
Guys, Pada dasarnya Application Letter biasanya tak lebih dari 5 paragraph. Hal tersebut untuk menghindari hal-hal yang dianggap terlalu bertele-tele. Berikut merupakan aturannya:
  • Paragraf pertama tentang darimana anda mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut. ( Jangan lupa menyebutkan posisi yang anda inginkan diperusahaan atau institusi tersebut ).
  • Paragraf kedua tentang siapa anda, tentu hal ini menyesuaikan dengan posisi yang anda inginkan. Selanjutnya, menyebutkan usia, latar belakang pendidikan, dan prestasimu yang berhubungan dengan pekerjaan yang ditawarkan.
  • Paragraf ketiga tentang dokumen yang anda sertakan. tak lupa juga untuk mengucapkan terima kasih serta kesiapan untuk proses wawancara, sekaligus ini merupakan paragraf penutup.
The following points are the format of application letter. Nah jadi ini dia format nya:
  1. The address ( Alamat )
  2. The inside address ( Alamat bagian dalam )
  3. The salutation ( Salam )
  4. The Body ( Isi )
  5. The closing ( Penutup )
  6. The signature ( Tanda tangan )
After reading the material, now it’s your time to see the examples, this is my own application letter J

Tasikmalaya, June 22, 2016
To:
SMK Al Falah Tanjungjaya
K.H Ahmad Faqih Street, Cibalanarik Tasikmalaya

Dear Sir or Madam,

I am really interested and motivated to apply for English teacher position. I knew this vacancy by seeing the facebook account of SMK Al Falah Tanjungjaya. It is a pride to be part of SMK Al Falah Tanjunjaya.

My name is Taupiq Daryani Muharam. 23 years old and single. I am a fresh graduate. I was graduated from Siliwangi University Tasikmalaya on December 2015 majoring in English Education Department with 3.11 of GPA. I am so fluent in English both written and spoken, and I have good skill in operating some computer programs (Ms Office, and Adobe Photoshop) and presenting something by using English.

I attached my identity card, Curriculum Vitae, and my latest photograph. Thank you for kind attention, and I am looking forward to your reply.


                                                                                                 Best regards,


Taupiq Daryani Muaharam


Ok, itulah contoh surat lamaran nya. Pada inti nya asalkan memenuhi aturan-aturan yang disebutkan di atas kita sudah bisa mebuatnya. Well, kalau masih ada yang belum jelas, Please put your comment guys.
See you on the next post.



Cheers

Admin Mr.T

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Application Letter (Material)"

Post a Comment